PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA ABC-ABC MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A2 TK AL-MADINA WONOSOBO

Viny Anggradini, Puspitaloka (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA ABC-ABC MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A2 TK AL-MADINA WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi fulltext_Viny Anggradini_17111244019-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola ABC-ABC melalui penggunaan media gambar pada anak kelompok A2 di TK Al-Madina. Kemampuan mengenal pola pada penelitian ini dilihat dari menirukan pola, memperkirakan urutan berikutnya, dan menyusun pola sesuai dengan susunannya secara berurutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini yaitu 16 anak kelompok A2 TK Al-Madina. Objek penelitiannya yaitu kemampuan mengenal pola ABC-ABC. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila persentase rata-rata hasil kemampuan mengenal pola ABC-ABC kelompok A2 TK Al-Madina mencapai kriteria keberhasilan sebesar 80% termasuk dalam kriteria baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal pola ABC-ABC dapat meningkat setelah adanya tindakan melalui penggunaan media gambar sesuai kriteria keberhasilan dengan persentase rata-rata yang telah ditentukan. Hal ini dapat diketahui dari data yang diperoleh pada Pra Tindakan, Siklus I, dan Siklus II yang mengalami peningkatan secara bertahap. Berdasarkan data hasil observasi pelaksanaan pada saat Pra Tindakan yang hanya mencapai persentase rata-rata sebesar 33,85% termasuk dalam kriteria kurang baik, pada tindakan Siklus I menunjukan persentase rata-rata 59,38% termasuk dalam kriteria cukup dengan peningkatan sebesar 25,53%, dan pada tindakan Siklus II menunjukan persentase rata-rata 82,81% termasuk dalam kriteria sangat baik dengan peningkatan sebesar 23,43%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian dapat dikatakan berhasil karena persentase rata-rata telah mencapai angka yang ditentukan yaitu sebesar 80%. Kata kunci: kemampuan mengenal pola ABC-ABC, media gambar, anak kelompok A2

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 21 Jan 2022 06:47
Last Modified: 21 Jan 2022 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71929

Actions (login required)

View Item View Item