PROSES PEMBELAJARAN DARING TK ABA KARANGMALANG KELOMPOK B DALAM KEGIATAN MEMBILANG

Taat Tiasah, Muhlisoh (2021) PROSES PEMBELAJARAN DARING TK ABA KARANGMALANG KELOMPOK B DALAM KEGIATAN MEMBILANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Revisi 2 Tugas Akhir Skripsi_17111241024_TAAT TIASAH MUHLISOH_Paud 7A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran daring TK ABA Karangmalang dalam kegiatan membilang. Proses Pembelajaran daring untuk kegiatan membilang pada penelitian ini berfokus pada pembelajaran membilang untuk kelompok B usia 5-6 tahun yang dilakukan secara daring. Penelitian ini penggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di TK ABA Karangmalang dengan subjek penelitian meliputi, 2 guru kelas, Kepala sekolah, 1 Tim Kurikulum dan wali murid sebanyak 13 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Mailes & Humberman meliputi pengumpulan data kondensasai data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan Tringulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran menggunakan penyederhanaan kurikulum darurat covid-19, Prosem, RPPM, dan RPPH; (2) Proses pembelajaran dilaksanakan dengan sistem alur pelaksanaan, mengadakan bentuk kegiatan belajar membilang yang melibatkan LKA, benda konkret buatan dan alam yang ada dilingkungan anak, dengan memanfaatkan media elektronik dan non elektronik, kemudian sistem guru dalam melakukan pembelajaran dengan membuat video belajar kemudian di distribusikan melalui media elektronik, penugasan tertulis di LKA, pendampingan belajar, kelas zoom dan youtube, sistem mengajar guru tersebut digunakan untuk mengajar guru membilang dengan tahapan tahapan menunjuk, melanjutkan, mundur; (3) evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian harian dengan sistem ceklis yang didapat dari sumber laporan hasil video, foto collage, pesan suara dan bukti fisik dalam buku. Kata kunci: pembelajaran tk, daring, membilang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:07
Last Modified: 20 Jan 2022 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71919

Actions (login required)

View Item View Item