PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS MULTIMEDIA GUNA MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Palupi, Fidyanti Retno and Pujianto, Pujianto (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS MULTIMEDIA GUNA MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
fulltext_fidyanti retno palupi_17302241035.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Adanya pemberlakuan physical distancing selama pandemi COVID-19 menyebabkan dampak yang cukup besar di sektor pendidikan terutama pada pembelajaran Fisika yang cenderung dianggap sulit oleh peserta didik karena pembelajaran dilakukan secara online. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi media pembelajaran yang cocok untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah E-LKPD berbasis multimedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran E-LKPD berbasis multimedia dalam materi getaran harmonis untuk meningkatkan penguasaan materi dan kemandirian belajar peserta didik SMA, (2) Mengetahui peningkatan penguasaan materi getaran harmonis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis multimedia, dan (3) Mengetahui peningkatan kemandirian belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis multimedia. Desain penelitian ini, termasuk ke dalam penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Four-D Models). Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Instrumen pengumpulan data secara tes menggunakan pretest dan posttest, serta instrumen non tes yang berupa lembar validasi, angket kemandirian belajar, dan angket respon peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA N 1 Wates tahun pelajaran 2020/2021. Teknik analisis data kelayakan media menggunakan Simpangan Baku Ideal (SBi), peningkatan penguasaan materi dan kemandirian belajar menggunakan standard gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran E-LKPD berbasis multimedia hasil pengembangan dalam materi getaran harmonis dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan materi dan kemandirian belajar peserta didik SMA. (2) Peningkatan penguasaan materi getaran harmonis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis multimedia termasuk standard gain kategori sedang. (3) Peningkatan kemandirian belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis multimedia termasuk standard gain kategori sedang. Kata kunci: E-LKPD, penguasaan materi, kemandirian belaja, dan getaran harmonis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:22
Last Modified: 20 Jan 2022 02:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71915

Actions (login required)

View Item View Item