PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VI SD NEGERI KALIMENUR SENTOLO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2020/2021

Arni, Siska (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VI SD NEGERI KALIMENUR SENTOLO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Siska Arni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran (dalam jaringan) daring di masa pandemi Covid-19 Kelas VI SD Negeri Kalimenur Sentolo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan siswa kelas VI SD Negeri Kalimenur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana dalam Sugiyono (2019) dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran daring diawali dengan pelatihan teknologi, menyiapkan RPP Belajar dari Rumah (BDR), menggunakan aplikasi Whatsapp, Google Classroom, Google Form, dan Zoom, menggunakan model pembelajaran yang memanfaatkan video, penugasan tertulis, dan praktik, evaluasi pembelajaran berupa penugasan tertulis dan praktik suatu adegan atau membuat karya, hasil pembelajaran dari segi afektif, kognitif, dan psikomotor, serta dampak positif dan negatif pembelajaran daring. Faktor pendukung pembelajaran daring yaitu: (1) Kerjasama antara sekolah dan orang tua. (2) Penyediaan fasilitas seperti wifi di sekolah dan kuota gratis. (3) Fasilitas elektronik yang memadai, kuota, dan jaringan internet yang stabil. Faktor penghambat pembelajaran daring yaitu: (1) Rendahnya perhatian orang tua. (2) Kurangnya fasilitas elektronik yang memadai, kuota, dan jaringan internet yang tidak stabil. (3) Rendahnya antusias dan motivasi siswa ketika proses pembelajaran. Kata kunci : Pelaksanaan pembelajaran daring, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:57
Last Modified: 20 Jan 2022 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71913

Actions (login required)

View Item View Item