Janah, Miftakhul (2022) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS II KECAMATAN PRAMBANAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Miftakhul Janah.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena tanggung jawab belajar yang dimiliki siswa sekolah dasar masih mudah dipengaruhi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif regresi ex-post facto. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri se-Gugus II Kecamatan Prambanan Sleman. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 133 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala perhatian orang tua dan skala tanggung jawab belajar. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan uji reliabilitas dengan menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini menunjukan bahwa partisipan penelitian memiliki perhatian orang tua berada pada kategori sedang sebesar 72,93% , sedangkan tanggung jawab belajar berada pada kategori sedang sebesar 66,17%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa perhatian orang tua memiliki pengaruh positif terhadap tanggung jawab belajar siswa (signifikansi<0,05). Koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,166 yang berarti perhatian orang tua berpengaruh terhadap tanggung jawab belajar sebesar 16,6% sementara sisanya 83,4% dipengaruhi oleh faktor yang lainnya. Kata kunci : perhatian orang tua, tanggung jawab belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 01:18 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 01:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71911 |
Actions (login required)
View Item |