HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DAN INTENSITAS POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA KELAS 5 SD NEGERI SE-KELURAHAN SUMBERAGUNG, MOYUDAN

Nuridho, Ma’rifatun (2022) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DAN INTENSITAS POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA KELAS 5 SD NEGERI SE-KELURAHAN SUMBERAGUNG, MOYUDAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ma'rifatun Nuridho.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan intensitas penggunaan gadget dengan karakter peduli sosial siswa; 2) Hubungan intensitas pola asuh orang tua dengan karakter peduli sosial siswa; 3) Hubungan intensitas penggunaan gadget dan intensitas pola asuh orang tua secara bersama dengan karakter peduli sosial siswa kelas 5 SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas 5 di wilayah Sumberagung yang berjumlah 117 siswa dan semua siswa dijadikan responden penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket kuesioner menggunakan skala peduli sosial, skala penggunaan gadget, skala pola asuh orang tua. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik koefisien korelasi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) intensitas penggunaan gadget berhubungan positif dengan karakter peduli sosial, dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,549 yang berkategori kuat dan nilai signifikansi 0,000 pada taraf 1%; 2) intensitas pola asuh orang tua berhubungan positif dengan karakter peduli sosial, dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,493 yang berkategori cukup dan nilai signifikansi 0,000 pada taraf 1%; 3) hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan simultan antara intensitas penggunaan gadget dan intensitas pola asuh orang tua dengan karakter peduli sosial siswa, dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,588 yang berkategori kuat dengan nilai signifikansi 0,000. Variabel penggunaan gadget dan variabel pola asuh orang tua secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 34,7% terhadap karakter peduli sosial siswa. Kata kunci: Intensitas Penggunaan Gadget, Intensitas Pola Asuh, Peduli Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:08
Last Modified: 20 Jan 2022 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71910

Actions (login required)

View Item View Item