Efektivitas Worked Example dengan Strategi Pengelompokan dalam Pembelajaran Garis dan Sudut Ditinjau dari Higher Order Thinking Skill.

Rokhmah, Kholifatun Nur and Retnowati, Endah (2020) Efektivitas Worked Example dengan Strategi Pengelompokan dalam Pembelajaran Garis dan Sudut Ditinjau dari Higher Order Thinking Skill. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-kholifatun nur rokhmah-17709251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan untuk menguji efektivitas: (1) strategi pembelajaran worked example dibandingkan dengan problem solving ditinjau dari HOTS dan LOTS; (2) pembelajaran individu dibandingkan dengan pembelajaran berkelompok ditinjau dari HOTS dan LOTS; dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran (worked example atau problem solving) dengan strategi pengelompokan (belajar individu atau belajar berkelompok) ditinjau dari HOTS dan LOTS. Eksperimen semu dilaksanakan menggunakan desain posttest only control- group, dengan factorial design 2 × 2 (belajar individu vs. belajar berkelompok × worked example vs. problem solving). Populasi penelitian adalah peserta didik sekolah menengah pertama yang belum pernah mempelajari materi garis dan sudut di sekolah. Sampel terdiri atas 4 kelas dengan jumlah total 120 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes higher order thinking skill dan lower order thinking skill dengan koefisien reliabilitas berturut-turut sebesar 0,782 dan 0,523. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA untuk menguji main effect dari variabel terikat dan interaction effect dari variabel bebas. Taraf signifikansi yang digunakan adalah 0,05. Hasil analisis mengindikasikan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi worked example lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran matematika dengan strategi problem solving ditinjau dari HOTS dan LOTS. Belajar individu dan belajar berkelompok tidak memiliki perbedaan rata-rata HOTS dan LOTS yang signifikan. Serta, tidak terdapat interaksi antara faktor strategi pembelajaran dan strategi pengelompokan belajar ditinjau dari HOTS dan LOTS, artinya strategi pembelajaran dan strategi pengelompokan tidak saling mempengaruhi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: worked example, problem solving, belajar berkelompok, belajar individu, higher order thinking skill, lower order thinking skill
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:50
Last Modified: 19 Jan 2022 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71907

Actions (login required)

View Item View Item