Solekhah, Putri and Jailani, Jailani (2020) Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Matematika. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
tesis-putri solekhah-17709251006.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) level PCK mahasiswa S1 Pendidikan Matematika dan PPG secara umum maupun tiap komponennya, (2) level PCK mahasiswa S1 Pendidikan Matematika secara umum maupun tiap komponennya, (3) level PCK mahasiswa PPG secara umum maupun tiap komponennya, (4) berbagai mata kuliah yang relevan dalam memperoleh pengetahuan PCK menurut mahasiswa, (5) serta respon dari mahasiswa terkait pelaksanaan perkuliahan yang relevan dalam memperoleh pengetahuan PCK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Matematika angkatan 2016 dan mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) angkatan 2018 di Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel diambil dengan menggunakan prosedur purposive sampling di mana pengambilan sampel adalah responden yang telah menyelesaikan semua mata kuliah teori. Total sampel adalah 65 mahasiswa. Teknik pengumplan data dengan menggunakan teknik tes dan wawancara. Instrument yang digunakan ialah soal tes dan panduan wawancara. Data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) level PCK mahasiswa S1 Pendidikan Matematika dan PPG sedang, level pengetahuan strategi tinggi, level pengetahuan kurikulum dan materi sedang, level pengetahuan siswa rendah, level pengetahuan evaluasi rendah, serta mahasiswa berorientasi pada pembelajaran kooperatif dan kolaboratif, (2) level PCK mahasiswa S1 Pendidikan Matematika rendah, hal ini disebabkan karena mahasiswa S1 Pendidikan Matematika belum pernah praktik mengajar, level pengetahuan strategi tinggi, level pengetahuan kurikulum dan materi sedang, level pengetahuan siswa sangat rendah, level pengetahuan evaluasi rendah, serta mahasiswa berorientasi pada pembelajaran kooperatif dan kolaboratif, (3) level PCK mahasiswa PPG tinggi, level pengetahuan strategi sangat tinggi, level pengetahuan kurikulum dan materi tinggi, level pengetahuan siswa sedang, level pengetahuan evaluasi sedang, serta mahasiswa berorientasi pada pembelajaran kooperatif dan kolaboratif, (4) berbagai mata kuliah yang relevan dalam memperoleh pengetahuan PCK berdasarkan pendapat mahasiswa yaitu: PPL, micro teaching, peer teaching, metode pembelajaran, perencanaan pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, pengembangan media pembelajaran, multimedia, teori bilangan, trigonometri, kalkulus, geometri, statistika, logika dan himpunan, psikologi pendidikan, dan evaluasi hasil pembelajaran, (5) berbagai respon mahasiswa terkait pelaksanaan perkuliahan yang relevan dalam memperoleh pengetahuan PCK yaitu: sebaiknya dosen memberikan kesempatan diskusi dan informasi akses sumber belajar yang lebih banyak, sebaiknya dosen memilih strategi peruliahan yang tepat, sebaiknya dosen memberikan penjelasan yang lebih mendalam pada topik yang sulit, dan universitas sebaiknya memberikan kesempatan praktik mengaja yang lebih banyak.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pedagogical Content Knowledge, mahasiswa pendidikan matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 06:33 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 06:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71906 |
Actions (login required)
View Item |