Analisis Buku Teks Matematika Peminatan Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Ditinjau dari Cognitive Load.

Rodiawati, Atik and Retnowati, Endah (2020) Analisis Buku Teks Matematika Peminatan Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Ditinjau dari Cognitive Load. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-atik rodiawati-17709251025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis buku teks matematika peminatan kelas XI ditinjau dari intrinsic cognitive load (ICL), germane cognitive load (GCL), dan extraneous cognitive load (ECL). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis analisis konten. Sumber data atau dokumen yang dianalisis dalam penelitian ini adalah satu buku teks matematika peminatan kelas XI SMA kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh penerbit Erlangga. Objek penelitian ini adalah karakteristik materi yang disajikan pada buku teks (ICL), pembentukan skema pada buku teks (GCL), dan cara penyajian materi pada buku teks (ECL). Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik pembacaan dan pengkodean dengan cermat oleh peneliti dan lima coder menggunakan instrumen yang telah divalidasi. Keabsahan data dilakukan dengan intracoder dan intercoder reliability. Teknik analisis data dilakukan dengan pendefinisian unit, pengkodean, reduksi, penarikan kesimpulan, dan pendeskripsian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tinjauan dari ICL, karakteristik materi pada buku teks sudah baik karena keempat indikator memiliki nilai lebih dari 85%. Empat indikator tersebut adalah kesinkronan materi dengan indikator pembelajaran senilai 92,50%, kesesuaian materi pembelajaran dengan materi prasyarat yang telah dipelajari senilai 95%, keteraturan kompleksitas materi senilai 85%, dan keberagaman materi senilai 100%. Tinjauan dari ECL, cara penyajian materi yang berpotensi dapat menyebabkan ECL sebesar 50,49% dari total sajian materi yang menunjukkan bahwa buku teks belum dapat memfasilitasi belajar siswa secara maksimal. Rincian cara penyajian materi yang menyebabkan ECL adalah memuat informasi yang tidak koheren (incoherence) sebesar 4,59%, memuat redundancy of information senilai 9,51%, memuat kesalahan penulisan (typing mistake) sebesar 1,97%, menyebabkan split-attention pada buku teks yang diteliti senilai 27,54%, dan tidak menyediakan signaling sebesar 23,61%. ECL yang paling banyak terdapat pada unit analisis contoh soal, kemudian uraian materi, kemudian pendahuluan, dan terakhir soal (soal pendalaman dan tugas individu). Hal ini mengindikasikan bahwa cara penyajian materi pada buku teks yang diteliti perlu diperbaiki agar tidak menyebabkan ECL bagi siswa. Tinjauan dari GCL, pembentukan skema pada buku teks dengan indikator ketersediaan self-explanation bagi siswa sebesar 60 %. Hal ini menunjukkan bahwa ketersediaan self-explanation pada buku teks perlu ditingkatkan baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Analisis buku, intrinsic cognitive load, extraneous cognitive load, germane cognitive load
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:40
Last Modified: 19 Jan 2022 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71905

Actions (login required)

View Item View Item