Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar dan Kecemasan Ditinjau dari Self Regulated Learning (SRL) pada Materi bangun datar SMP.

Durahim, Yolpin and Karyati, Karyati (2020) Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar dan Kecemasan Ditinjau dari Self Regulated Learning (SRL) pada Materi bangun datar SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-yolpin durahim-17709251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh PBL dan SRL terhadap prestasi belajar dan kecemasan; (2) pengaruh PBL terhadap prestasi belajar dan kecemasan; (3) pengaruh SRL terhadap prestasi belajar dan kecemasan; (4) pengaruh PBL terhadap prestasi belajar dan kecemasan ditinjau dari SRL sangat tinggi; (5) pengaruh PBL terhadap prestasi belajar dan kecemasan ditinjau dari SRL tinggi; (6) pengaruh PBL terhadap prestasi belajar dan kecemasan ditinjau dari SRL sedang; dan (7) pengaruh PBL terhadap prestasi belajar dan kecemasan ditinjau dari SRL rendah pada materi bangun datar SMP kelas VII. Jenis penelitian ini merupakan kuasi-eksperimen dengan populasi mencakup seluruh kelas VII MTs Terpadu Al Ishlah yang terdiri atas 3 kelas dan diambil dua kelas secara acak. Kelas VII Usman sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan kelas VII Umar sebagai kelas eksperimen yang diberikan model PBL. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen test dan nontest. Test untuk mengukur prestasi belajar siswa sedangkan nontest berupa angket untuk mengukur kecemasan dan SRL. Analisis yang digunakan yaitu uji statistik Analisis Varians Multivariat Dua Jalur (Two Way MANOVA) dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) serta kedua analisis tersebut didukung oleh hasil uji F. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh PBL dan SRL terhadap prestasi belajar dan kecemasan; (2) ada pengaruh PBL terhadap prestasi belajar dan kecemasan; (3) ada pengaruh SRL terhadap prestasi belajar dan kecemasan; (4) jika ditinjau dari SRL sangat tinggi, terdapat pengaruh PBL terhadap prestasi belajar, namun tidak ada pengaruh PBL terhadap kecemasan; (5) ditinjau dari SRL tinggi, tidak ada pengaruh PBL terhadap prestasi belajar dan kecemasan; (6) ditinjau dari SRL sedang, tidak ada pengaruh PBL terhadap prestasi belajar dan kecemasan; (7) sedangkan ditinjau dari SRL rendah, tidak terdapat pengaruh PBL terhadap prestasi belajar, namun terdapat pengaruh PBL terhadap kecemasan. Secara keseluruhan, PBL lebih baik daripada pendekatan saintifik untuk meningkatkan prestasi belajar dan menurunkan kecemasan siswa. Semakin tinggi SRL atau kemandirian belajar siswa, maka semakin tinggi prestasi belajarnya sehingga sangat tepat jika diberikan model PBL.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PBL, prestasi belajar, kecemasan, SRL
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:35
Last Modified: 19 Jan 2022 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71904

Actions (login required)

View Item View Item