Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Concept Siswa Kelas VIII SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pratikno, Hari and Sugiman, Sugiman (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Concept Siswa Kelas VIII SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-hari pratikno-17709251032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika, keberagaman strategi pemecahan masalah matematika, self- concept siswa, dan hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematika dengan self-concept siswa SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 400 siswa dari 15 SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Penentuan sampel menggunakan gabungan teknik stratified random sampling dan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes diagnostik yang terdiri dari lima butir soal pemecahan masalah matematika dan angket self-concept siswa yang terdiri dari 14 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 32,98 atau masuk pada kriteria rendah. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada aspek konseptual sebesar 8,36; pada aspek prosedural sebesar 8,27; pada aspek keterampilan/ strategi sebesar 8,28; dan pada aspek komunikasi memiliki rata-rata nilai 8,07 masuk pada kriteria rendah. Kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki dan siswa perempuan masuk pada kategori rendah dengan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan sebesar 36,78 dan siswa laki-laki yaitu sebesar 29,46. Strategi pemecahan masalah yang digunakan siswa yaitu strategi menebak dengan cerdas dan mengetesnya sebesar 11,85%; strategi menyederhanakan masalah serupa 13%; strategi bekerja mundur 0,65%; strategi membuat gambar 12,6%; strategi bernalar logis 0,75%; strategi melihat dari sudut pandang lain 8,2%; strategi mempertimbangkan kasus ekstrem 1,35%; dan strategi memperhitungkan semua kemungkinan 0,05%. Rata-rata skor self-concept siswa berada pada kriteria sedang, yaitu sebesar 40,03. Rata-rata skor self-concept siswa pada aspek kognitif berada pada kriteria rendah dengan skor 19,24; dan rata-rata skor self-concept siswa pada aspek afektif berada pada kriteria sedang dengan skor 20,79. Berdasarkan gender, rata-rata self-concept siswa laki-laki dan siswa perempuan masuk pada kriteria sedang dengan rata-rata skor self-concept siswa perempuan sebesar 41,06 dan siswa laki-laki sebesar 39,04. Dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara self- concept siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah matematika, self-concept, strategi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:14
Last Modified: 19 Jan 2022 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71901

Actions (login required)

View Item View Item