Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing Berorientasi pada Kemampuan Koneksi Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP.

Nugroho, Dheni and Rusgianto, Rusgianto (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing Berorientasi pada Kemampuan Koneksi Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-dheni nugroho-17709251023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Berorientasi pada Kemampuan Koneksi Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII yang layak digunakan. Kualitas hasil pengembangan perangkat pembelajaran didasarkan pada kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap pengembangan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 61 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ponjong. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian RPP dan lembar penilaian LKS untuk mengukur tingkat kevalidan perangkat pembelajaran, angket respon siswa, angket respon guru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran, soal tes kemampuan koneksi matematis serta angket kepercayaan diri siswa untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian ahli para ahli minimal mencapai kriteria “valid”. Perangkat Pembelajaran dikatakan praktis jika penilaian guru dan hasil angket respon siswa minimal mencapai kriteria “praktis” dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran lebih dari 80%. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika persentase ketuntasan hasil tes kemampuan koneksi matematis lebih dari 80% dan rata-rata skor kepercayaan diri lebih dari 85. Hasil penilaian kevalidan oleh ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan hasil penilaian guru dan kategori praktis berdasarkan hasil angket respon siswa, serta persentase rata-rata dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran pada setiap pertemuan lebih dari 90%. Keefektifan perangkat pembelajaran terlihat dari hasil tes kemampuan koneksi matematis dengan persentase ketuntasan siswa pada tes adalah 97% dan juga terlihat pada nilai rata- rata skor angket kepercayaan diri yaitu 86.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penemuan terbimbing, kemampuan koneksi matematis, kepercayaan diri siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:45
Last Modified: 19 Jan 2022 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71900

Actions (login required)

View Item View Item