MODEL TES DAN ANALISIS KOMPETENSI SISWA DI SEKOLAH DASAR

Zamsir, Zamsir (2011) MODEL TES DAN ANALISIS KOMPETENSI SISWA DI SEKOLAH DASAR. Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa. ISSN 978-979-99314-5-0

[img]
Preview
Text
PM-20 - Zamsir.pdf

Download (62kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan model analisis kompetensi siswa yang hasilnya dapat dipakai untuk melakukan identifikasi level kemampuan dan menyusun profil pencapaian kompetensi siswa, khususnya di sekolah dasar. Model yang dikembangkan menyangkut dua hal, yaitu: (1) prosedur dan langkah-langkah penyusunan tes, identifikasi level kemampuan siswa, dan (2) pelaporan hasil tes. Kemampuan siswa dikelompokkan menjadi 4 (empat) level, yaitu: level I, level II, level III, dan level IV. Level I merupakan level terendah dan level IV merupakan level tertinggi. Subjek uji coba produk adalah guru dan siswa SD kelas 3, kelas 4, dan kelas 5 di kota Kendari. Sampel siswa untuk uji coba produk secara terbatas sebanyak 722 orang yang berasal dari 6 SD Negeri dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Sampel guru untuk uji coba produk sebanyak 12 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian adalah tes matematika, format validasi model, dan format telaah (kartu telaah soal). Analisis data uji coba instrumen tes dilakukan dengan menggunakan program MicroCat ITEMAN, sedangkan analisis data hasil penelitian menggunakan program BIGSTEP. Hasil penelitian berupa produk yang terdiri dari: (1) manual prosedur dan langkah- langkah penyusunan tes dan identifikasi level kemampuan/kompetensi siswa, dan (2) format pelaporan hasil tes. Kedua produk tersebut telah teruji secara empiris dan telah mengalami proses validasi oleh guru, guru ahli, kepala sekolah, dan praktisi pendidikan (pakar) dan dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil uji coba terbatas terhadap 722 orang siswa menunjukkan sebanyak 131 siswa (18,14%) mempunyai kemampuan pada level I, 284 siswa (39,34%) mempunyai kemampuan pada level II, 186 siswa (25,76%) mempunyai kemampuan pada level III, dan 121 siswa (16,76%) mempunyai kemampuan pada level IV. Kata kunci: analisis; asesmen; kompetensi; model; tes

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis, asesmen, kompetensi, model, tes
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 05 Nov 2012 01:15
Last Modified: 05 Nov 2012 01:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7190

Actions (login required)

View Item View Item