PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PINTAR (MONOTAR) MUATAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA SISWA KELAS IVA SDN 12 MUARA ENIM, SUMATERA SELATAN

Qomariah, Nurul (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PINTAR (MONOTAR) MUATAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA SISWA KELAS IVA SDN 12 MUARA ENIM, SUMATERA SELATAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nurul Qomariah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Monopoli Pintar (MONOTAR) yang layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tahap pada penelitian ini meliputi analysis, design, development, implementation.. Lokasi penelitian ini berada di SD Negeri 12 Muara enim. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 12 Muara Enim sejumlah 15 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan produk adalah media Monopoli Pintar (MONOTAR) yang layak digunakan untuk pembelajaran IPS materi keragaman budaya Indonesia di kelas IV sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi yang memperoleh rata-rata skor 4,4 dengan kategori “sangat baik” (layak) dan hasil validasi media yang memperoleh rata-rata skor 4,2 dengan kategori “sangat baik” (layak). Hasil uji coba guru memperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kategori “sangat baik”(layak), sedangkan pada uji coba perorangan siswa memperoleh rata-rata skor 4,6 dengan kategori “sangat baik” (layak). Kemudian hasil uji coba lapangan pada siswa memperoleh rata-rata skor 4,77 dengan kategori “sangat baik” (layak) Kata Kunci: pengembangan, media, monopoli pintar (MONOTAR)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:26
Last Modified: 18 Jan 2022 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71892

Actions (login required)

View Item View Item