PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING SELAMA PANDEMI COVID 19 SISWA KELAS V SD MA’ARIF NURUL JANNAH TEMON KULONPROGO

Zulaekhoh, Siti (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING SELAMA PANDEMI COVID 19 SISWA KELAS V SD MA’ARIF NURUL JANNAH TEMON KULONPROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Siti Zulaekhoh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis karangan narasi siswa Kelas V SD Ma’arif Nurul Jannah Tahun Ajaran 2021/2022 melalui Strategi Menulis Terbimbing. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SD Ma’arif Nurul Jannah yang berjumlah 23 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, tes dan lembar observasi. Instrumen pengumpulan data secara kualitatif menggunakan lembar observasi dan secara kuantitatif menggunakan tes unjuk kerja keterampilan menulis karangan narasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Peningkatan proses ditunjukkan dengan siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, aktif bertanya, aktif memberikan saran kepada teman tentang karangannya dan lebih percaya diri tampil di depan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Strategi Menulis Terbimbing dengan langkah- langkah yang meliputi: a) pramenulis, b) pendrafan, c) perbaikan, d) penyuntingan, dan e) publikasi dengan bimbingan guru dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas V SD Ma’arif Nurul Jannah. Hasil tes menunjukkan keterampilan menulis karangan narasi pada saat pra tindakan dengan nilai rata-rata 67,21 yang terdiri dari 7 siswa tuntas atau sebesar 30,44% dan 16 siswa belum tuntas atau sebesar 69,56%. Pada pelaksanaan siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 74,52 yang terdiri dari 15 siswa tuntas atau sebesar 65,21% dan 8 siswa belum tuntas atau sebesar 34,79%. Pada pelaksanaan siklus II juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 84,86 yang terdiri dari 20 siswa tuntas atau sebesar 86,95% dan 3 siswa belum tuntas atau sebesar 13,05%. Kata kunci: keterampilan menulis karangan narasi, strategi menulis terbimbing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:18
Last Modified: 18 Jan 2022 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71890

Actions (login required)

View Item View Item