HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA

Salwa Farihah, Farihah (2012) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA Oleh Salwa Farihah NIM. 04104241011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif antara efikasi diri dengan motivasi berprestasi pada siswa di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri dan skala motivasi berprestasi dengan interview sebagai data pendukung. Subyek penelitian berjumlah 42 siswa SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta dari kelas X sampai kelas XII. Hasil uji reliabilitas skala efikasi diri sebesar 0,928 dan motivasi berprestasi sebesar 0,953, hal ini menunjukkan tingkat reliabilitas tinggi karena nilai reliabilitasnya mendekati angka 1,00. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan dibantu dengan SPSS 13.00 for windows. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengujian hipotesis awal teruji yaitu ada hubungan positif antara efikasi diri dengan motivasi berprestasi. Artinya semakin tinggi tingkat efikasi diri maka akan semakin tinggi pula tngkat motivasi berprestasi, sedangkan semakin rendah tingkat efikasi diri maka akan semakin rendah pula tingkat motivasi berprestasinya. Ditinjau dari tingkat efikasi diri, sekolah tersebut termasuk dalam kategori rendah yaitu ada 20 siswa atau sebesar 47,6 % dan ditinjau dari tingkat motivasi berprestasi juga termasuk dalam kategori rendah yaitu 18 siswa atau sebesar 42,9 %. Berdasarkan hasil interview dengan guru BK didapatkan kesimpulan bahwa sebagian besar siswa bermalasmalasan dalam belajar, siswa tidak mengetahui tujuan yang jelas buat apa mereka pergi ke sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri siswa rendah yang menyebabkan tingkat motivasi berprestasi siswa rendah pula. Kata kunci: efikasi diri, motivasi berprestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Nov 2012 00:25
Last Modified: 29 Jan 2019 17:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7189

Actions (login required)

View Item View Item