IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM MASA BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA SISWA DI SD NEGERI WONOKERTO MAGELANG

Putri, Yan Aulia (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM MASA BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA SISWA DI SD NEGERI WONOKERTO MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Yan Aulia Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dalam masa Belajar Dari Rumah (BDR) pada siswa di SDN Wonokerto, Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah guru di SD Negeri Wonokerto. Objek penelitian ini yaitu implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dalam masa BDR pada siswa di SDN Wonokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dalam masa BDR pada siswa di SDN Wonokerto dilaksanakan dengan: (1) berbasis kelas melalui: kegiatan perencanaan dengan menyusun RPP, pelaksanaan dengan menyisipkan nilai-nilai cinta tanah air pada kegiatan pembelajaran, dan penilaian dengan melakukan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (2) berbasis budaya sekolah melalui: kegiatan rutin seperti meminta siswa untuk menyanyikan lagu nasional sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, kegiatan spontan dengan mengingatkan siswa untuk mengumpulkan tugas tepat waktu, keteladanan dengan memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa, serta pengkondisian dengan menggunakan sumber dan media pembelajaran dari produk lokal; (3) berbasis masyarakat melalui kerja sama dengan pihak orang tua siswa. Kendala yang dialami yaitu terbatasnya sarana dan prasarana yang digunakan dan masih terdapat siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Solusi yang dilakukan yakni dengan menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua siswa. Kata Kunci: cinta tanah air, pembelajaran sistem BDR

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:13
Last Modified: 18 Jan 2022 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71889

Actions (login required)

View Item View Item