HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI

Fathurrohma, Yessi (2022) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Yessi Fathurrohma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Mojoroto Kota Kediri sejumlah 141 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yang hasilnya 104 siswa menjadi sampel penelitian, dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yang berisi variabel penelitian, yaitu variabel bebas adalah motivasi belajar dan variabel terikat adalah prestasi belajar. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh expert judgement, yang kemudian diujicobakan kepada 37 siswa, dan dilakukan analisis daya beda dengan koefisien korelasi item total terkoreksi untuk mengetahui butir soal yang gugur. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, analisis statistik deskriptif, dan uji hipotesis yang menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson Correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dengan tingkat hubungan yang kuat. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,00 kurang dari 0,05 yang berarti telah signifikan dan koefisien korelasi yang menunjukkan nilai r hitung (0,783) lebih dari nilai r tabel dengan taraf signifikansi 5% (0,162), yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai koefisien korelasi 0,783 termasuk dalam tingkat hubungan kuat dengan rentang 0,60 – 0,79. Kata kunci : Pembelajaran, motivasi belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:52
Last Modified: 18 Jan 2022 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71884

Actions (login required)

View Item View Item