PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA

Rohmaniyah, Ika Anjani and Wiyatmo, Yusman (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
fulltext_ika anjani rohmaniyah_16302241027.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality pada materi pemanasan global untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas XI SMA/MA dan (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality pada materi pemanasan global dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas XI SMA/MA. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality ini terdiri dari buku saku dan aplikasi android dengan materi pemanasan global diujicobakan kepada 38 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Instrumen penelitian pada penelitian ini meliputi: lembar penilaian media, lembar validasi soal pretes-postes, lembar validasi angket respon peserta didik, soal pretes-postes, serta angket respon peserta didik. Data penelitian yang diperoleh antara lain hasil validasi instrumen penelitian, hasil penilaian media, hasil pretes-postes, serta hasil angket respon peserta didik. Validasi dilakukan oleh validator ahli dan validator praktisi yaitu dosen pendidikan fisika dan guru fisika SMA untuk mendapatkan data validasi instrumen penelitian serta data penilaian dan saran pengembangan media. Keefektifan media dilihat dari hasil pretes dan postes yang dianalisis menggunakan persentase ketuntasan nilai KKM serta dari hasil angket respon peserta didik yang dianalisis menggunakan simpangan baku ideal dalam skala empat. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) telah dihasilkan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality pada materi pemanasan global untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik dengan nilai kelayakan sebesar 3,93 dengan kategori sangat baik dan (2) media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality pada materi pemanasan global dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik memiliki nilai keefektifan dengan persentase ketuntasan yang semula sebesar 55,26% menjadi 86,84% dengan 33 peserta didik dinyatakan tuntas dan 5 peserta didik belum tuntas serta hasil angket respon peserta didik dengan nilai 3,09 dengan kategori baik. Kata kunci: Media, Augmented Reality, Pemanasan Global

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:52
Last Modified: 18 Jan 2022 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71883

Actions (login required)

View Item View Item