PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL E - PJBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA MATERI GERAK PARABOLA

Sani, Ayunda Setyo and Retnowati, Rahayu Dwisiwi Sri (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL E - PJBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA MATERI GERAK PARABOLA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
fulltext_ayunda setyo sani_17302241037.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memperoleh perangkat pembelajaran fisika SMA materi pokok gerak parabola yang memenuhi kriteria layak dalam meningkatkan hasil belajar kognitif ditinjau dari kemampuan awal peserta didik pada pembelajaran daring, (2) mengetahui kemampuan awal termasuk prediktor yang baik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, (3) mengetahui kontribusi kemampuan awal terhadap pencapaian hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan model e-PjBL pada materi gerak parabola. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D (define, design, develop,dan Disseminate) yang berorientasi pada pengembangan produk perangkat pembelajaran berbasis e-PjBL berupa silabus, RPP, dan handout. Penelitian ini melibatkan 42 peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Rembang meliputi, 15 peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai peserta dalam dalam uji terbatas dan 27 peserta didik X MIPA 3 sebagai peserta dalam uji luas. Sebelum diujicobakan dalam kelas uji luas, dilakukan validasi oleh validator ahli dan validator praktisi, kemudian melalui desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diujicobakan dalam kelas uji terbatas sehingga, perangkat pembelajaran yang valid dan reliabel diujicobakan dalam kelas uji luas. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data melalui lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar validasi soal pretest dan posttest, lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon peserta didik, serta instrumen penilaian pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah deskripsi standar gain, serta uji korelasi. Hasil penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Perangkat pembelajaran berbasis e-PjBL yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria layak, sehingga diperoleh perangkat pembelajaran fisika jenjang SMA dengan materi pokok gerak parabola yang memenuhi kriteria layak dalam meningkatkan hasil belajar kognitif ditinjau dari kemampuan awal peserta didik secara daring, (2) diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,34 yang menandakan bahwa kemampuan awal kognitif peserta didik memiliki keterikatan positif sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan awal peserta didik merupakan prediktor yang baik dalam meninjau hasil belajar kognitif peserta didik, (3) kontribusi yang diberikan oleh kemampuan awal kognitif terhadap hasil belajar kognitif kognitif peserta didik menggunakan model e-PjBL pada materi gerak parabola adalah sebesar 12%. Kata kunci: perangkat pembelajaran, e-PjBL, kemampuan awal, peserta didik, hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:32
Last Modified: 18 Jan 2022 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71875

Actions (login required)

View Item View Item