STUDI EKSPLORATIF KENDALA DAN DAMPAK PEMBELAJARAN ON-LINE DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI WILAYAH KECAMATAN WATES

Zulfa, Nabila Naila and Sri Retnowati, Rahayu Dwisiwi (2021) STUDI EKSPLORATIF KENDALA DAN DAMPAK PEMBELAJARAN ON-LINE DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI WILAYAH KECAMATAN WATES. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
fulltext_nabila naila zulfa_16302241033.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran fisika sebaiknya dapat mencakup tiga hakikat fisika yaitu fisika sebagai proses, fisika sebagai sikap, dan fisika sebagai produk. Ketiganya dapat dicapai dengan menerapkan pembelajaran fisika berbasis penelitian. Hal tersebut memberikan gambaran pada peserta didik mengenai pendekatan yang digunakan dalam menyusun pengetahuan dan akan membentuk sikap ilmiah dalam diri peserta didik. Pandemi Covid-19 merubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran on-line sehingga pembelajaran berbasis penelitian sulit untuk direalisasikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dan dampak pembelajaran fisika on-line yang dirasakan oleh pendidik dan peserta didik. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner melalui google form. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang didukung oleh pendekatan kualitatif dengan menggunakan skala pengukuran rating scale. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 279 peserta didik yang berasal dari tiga sekolah di wilayah Kecamatan Wates. Sedangkan wawancara dilakukan kepada lima guru fisika. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji instrumen data yaitu dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kendala berupa (1) kebutuhan internet yang tidak mencukupi, (2) media pembelajaran yang tidak memenuhi kebutuhan praktikum dan dapat menghilangkan emosi antara pendidik dan peserta didik, (3) kejenuhan selama proses pembelajaran on-line dan kesulitan dalam memahami materi fisika secara on-line. Kendala tersebut berdampak pada menurunnya motivasi belajar serta perubahan karakter pada peserta didik. Sedangkan kendala yang dirasakan pendidik berupa kesulitan pendidik dalam menilai karakter peserta didik serta kesulitan peserta didik untuk mengefektifkan komunikasi anatara pendidik dan peserta didik. Pendidik juga merasakan dampak pembelajaran fisika on-line berupa kejenuhan namun pendidik juga merasakan dampak positif yaitu berupa meningkatnya kemampuang IT pendidik. Kata kunci: pembelajaran on-line, kendala, dampak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:47
Last Modified: 18 Jan 2022 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71874

Actions (login required)

View Item View Item