PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE ISPRING SUITE 9 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Rahmawati, Nur and Wiyatmo, Yusman (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE ISPRING SUITE 9 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN FISIKA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
fulltext_nur rahmawati_17302241003.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis software iSpring Suite 9 yang layak untuk meningkatkan minat belajar dan kemandirian belajar, 2) mengetahui peningkatan minat belajar dan kemandirian belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis software iSpring Suite 9, dan 3) mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis software iSpring Suite 9 pada materi Usaha dan Energi dalam meningkatkan minat belajar dan kemandirian belajar peserta didik SMA Negeri 1 Pakem. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian R&D dengan rancangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Instrumen penelitian terdiri dari RPP, lembar keterlaksanaan RPP, media pembelajaran interaktif berbasis software iSpring Suite 9, angket respon peserta didik, angket minat belajar dan kemandirian belajar peserta didik beserta lembar validasi dari masing-masing instrumen. Teknik pengambilan data pada penelitian kali ini dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji coba lapangan dilakukan pada 35 peserta didik kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan 36 peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Kelayakan produk media pembelajaran dilihat dari skor validasi menggunakan SBi. Peningkatan minat belajar dan kemandirian belajar dianalisis dengan menggunakan standard gain, sedangkan keefektifan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar dan kemandirian belajar peserta didik dianalisis dengan uji-t dengan metode Independent Samples TTest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penelitian ini telah menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis software iSpring Suite 9 hasil pengembangan yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi Usaha dan Energi dengan ratarata penilaian sebesar 4,44 dalam kategori sangat baik, 2) media yang dikembangkan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik ditunjukkan dengan skor standard gain sebesar 0,50 kategori sedang dan kemandirian belajar sebesar 0,54 kategori sedang, dan 3) terdapat perbedaan peningkatan minat belajar dan kemandirian belajar antara kelas kontrol dan eksperimen yang dibuktikan dengan hasil uji t, pada peningkatan minat belajar didapat nilai thitung>ttabel (2,464>1,995) dan peningkatan kemandirian belajar didapat nilai thitung>ttabel (3,416>1,995), sehingga media yang dikembangkan efektif digunakan pada materi pokok Usaha dan Energi. Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, software iSpring Suite 9, minat belajar, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:30
Last Modified: 18 Jan 2022 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71873

Actions (login required)

View Item View Item