PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MEDIA BANGUN RUANG MULTIWARNA PADA SISWA KELAS V SD N ROGODADI KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN

Anggraeni, Refiana Desi (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MEDIA BANGUN RUANG MULTIWARNA PADA SISWA KELAS V SD N ROGODADI KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Refiana Desi Anggraeni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi bangun ruang siswa kelas V SD Negeri Rogodadi, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen menggunakan media bangun ruang multiwarna. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis & Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Rogodadi yang berjumlah 26 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data menggunakan soal tes tertulis dan lembar observasi. Data dianalisis secara kuantitatif teknik rerata dan persentase serta analisis data kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan adalah minimum 75% dari jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Proses meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V dengan menggunakan media bangun ruang multiwarna menempuh beberapa langkah, diantaranya siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian setiap kelompok diberi media bangun ruang multiwarna. Media tersebut digunakan untuk mempermudah siswa dalam menjawab soal yang ada pada LKPD. Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukkan peningkatan partisipasi aktif guru dari 73,13% hingga mencapai 89,38%. Sedangkan, peningkatan partisipasi aktif siswa pada siklus I ke siklus II dari 71,99% menjadi 87,18%. Peningkatan hasil tes matematika siklus I ke siklus II sebesar 15,36% yakni sebanyak 19 siswa (73,10) menjadi 23 siswa (88,46) yang mencapai nilai KKM dari jumlah siswa seluruhnya yaitu 26. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan sebanyak 9,31 yaitu dari 70,19 menjadi 79,5. Kata kunci: matematika, hasil belajar, bangun ruang multiwarna

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:50
Last Modified: 18 Jan 2022 02:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71870

Actions (login required)

View Item View Item