PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SD N GROGOLPENATUS

Rusmawati, Rusmawati (2022) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SD N GROGOLPENATUS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rusmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas IV SD Negeri Grogolpenatus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian dari Kemmis and Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Grogolpenatus yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Keaktifan belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang memiliki tahapan, 1) penomoran, 2) pengajuan pertanyaan, 3) berpikir bersama, 4) menjawab. Model pembelajaran NHT dilakukan secara berkelompok sehingga membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dengan melakukan percobaan bersama kelompoknya dan pemecahan masalah yang diberikan oleh guru. Pemberian reward pada tahap menjawab juga mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat melalui hasil perhitungan skor keaktifan siswa, yaitu pada siklus I sebesar 60% siswa masuk kategori tinggi, 33,3% siswa masuk kategori sedang, dan 6,6% siswa masuk kategori rendah. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat, yaitu 86,6% siswa masuk kategori tinggi dan 13,3% siswa masuk kategori sedang. Kata kunci : keaktifan belajar, matematika, Numbered Head Together

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:56
Last Modified: 18 Jan 2022 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71868

Actions (login required)

View Item View Item