UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEER LESSON PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DUDUKULON KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO

Leksono, Panji Ageng (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEER LESSON PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DUDUKULON KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Panji Ageng Leksono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan ajar IPS melalui model peer lesson di SD Negeri Dudukulon, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan model Kemmis & Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Subjek penelitian berjumlah 18 orang siswa kelas IV SD Negeri Dudukulon. Data dikumpulkan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini mengarah pada aspek kognitif siswa dalam menguasai materi IPS yang telah dipelajari pada proses pembelajaran. Kriteria keberhasilan untuk meningkatkan hasil belajar adalah 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai nilai ≥ 65 (KKM). Hasil belajar siswa pada muatan ajar IPS dapat ditingkatkan melalui model peer lesson. Langkah-langkah yang digunakan dalam pembelajaran yaitu pembagian kelompok kecil sebanyak segmen materi yang disampaikan, penugasan mempelajari satu topik materi untuk masing-masing kelompok, diskusi kelompok tentang topik yang didapatkan, penyampaian hasil diskusi ke kelompok lain oleh perwakilan anggota kelompok, presentasi hasil diskusi setelah memperoleh materi dari kelompok lain di depan kelas, penyampaian saran dari kelompok lain kepada kelompok yang presentasi, pemberian kesimpulan dan penguatan terhadap materi yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar sebelum dilakukan tindakan (pretest) menunjukkan hasil 38,88 % peserta didik yang lulus KKM. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 66,67% peserta didik yang lulus KKM. Lalu, pada siklus II peneliti memperoleh hasil 88,89%peserta didik yang lulus KKM. Kata kunci : ips, hasil belajar, model peer lesson

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:50
Last Modified: 18 Jan 2022 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71866

Actions (login required)

View Item View Item