Evaluasi Pembelajaran PJOK Secara Daring Kelas XI di SMA Negeri 2 Ngaglik Tahun Akademik 2021/2022

Putra, Henrikus Redika Brian (2022) Evaluasi Pembelajaran PJOK Secara Daring Kelas XI di SMA Negeri 2 Ngaglik Tahun Akademik 2021/2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_henrikus redika brian putra_18601244025.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 2 Ngaglik khususnya kelas XI Tahun Akademik 2021/2022, yang meliputi: (1) Konteks: Mengenai Latar belakang, kelebihan, dan kekurangan pembelajaran daring kelas XI di SMA Negeri 2 Ngaglik; (2) Input: Mengenai sarana dan prasarana pembelajaran daring, dan karakteristik peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran PJOK secara daring; (3) Proses: Proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani secara daring; dan (4) Produk: Membahas mengenai hasil belajar peserta didik. Desain penelitian menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam (1985) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi Guru PJOK yang mengampu Kelas XI, dan 7 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Ngaglik. Instrumen utama pengumpulan data adalah manusia atau peneliti itu sendiri dengan cara mangamati, bertanya, dan mendengarkan narasumber. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) berdasarkan hasil evaluasi Konteks, pelaksanaan pembelajaran penjas secara daring memang harus dilaksanakan berdasarkan aturan KEMENDIKBUD Nomor 4 Tahun 2020 mengenai proses pelaksanaan aturan pendidikan dimasa pandemi Covid-19 pembelajaran mata pelajaran pendidikan jasmani tergolong berjalan dengan baik.; (2) hasil evaluasi input adalah mengenai sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana yang digunakan dan dimanfaatkan guru penjas di sekolah sudah baik, didukung dengan berbagai macam platform yang mendukung kegiatan belajar mengajar seperti: google classroom, zoom meeting, dan gruop whatsapp.; (3) hasil evaluasi procces yaitu mengenai pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani secara daring dalam kategori baik.; (4) evaluasi produk yaitu mengenai hasil belajar siswa dalam kategori baik. Dengan demikia dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran pjok secara daring kelas XI di SMA Negeri 2 ngaglik tahun akademik 2021/2022 dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, evaluasi pembelajaran PJOK secara daring kelas XI
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:01
Last Modified: 17 Jan 2022 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71858

Actions (login required)

View Item View Item