PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN EDMODO DENGAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA KELAS X TUGAS AKHIR SKRIPSI

Khasanah, Ulil and Supahar, Supahar (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN EDMODO DENGAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA KELAS X TUGAS AKHIR SKRIPSI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
fulltext_ulil khasanah_17302244013.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbantuan edmodo dengan model blended learning materi Impuls dan Momentum Linear yang layak untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar kognitif peserta didik SMA kelas X dan (2) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran fisika berbantuan edmodo dengan model blended learning dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar kognitif peserta didik SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan tentang proses pembelajaran di sekolah. Tahap design dilakukan untuk mengembangkan rancangan perangkat pembelajaran berbantuan edmodo dan instrumen penelitian. Tahap develop menghasilkan perangkat pembelajaran (RPP, LKPD, media pembelajaran) dan instrumen pengambilan data berupa angket kemandirian belajar, soal, angket respon peserta didik untuk divalidasi dan diujicobakan. Uji coba produk pada tahap ini meliputi uji empiris, uji coba terbatas, dan uji lapangan yang dilakukan kepada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kebumen. Data kemandirian dan hasil belajar peserta didik diperoleh menggunakan angket kemandirian dan instrumen tes. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari skor penilaian validator dan respon peserta didik. Efektivitas perangkat pembelajaran berbantuan edmodo dengan model blended learning terhadap kemandirian dan hasil belajar kognitif peserta didik dapat dilihat dari analisis General Linear Model berdasarkan hasil pretest dan posttest yang diperoleh peserta didik. Tahap disseminate dilakukan untuk menyebarkan perangkat pembelajaran berbantuan edmodo dalam skala yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk perangkat pembelajaran berbantuan edmodo dengan model blended learning yang layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar kognitif peserta didik SMA kelas X dan (2) perangkat pembelajaran berbantuan edmodo dengan model blended learning efektif dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar kognitif yang ditunjukkan dari nilai sumbangan efektif sebesar 17,4% berkategori no effect untuk kemandirian belajar dan 73,2% berkategori intermediate effect untuk hasil belajar kognitif. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, edmodo, kemandirian belajar, dan hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:26
Last Modified: 17 Jan 2022 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71857

Actions (login required)

View Item View Item