Aktivitas Fisik Peserta Didik Kelas X pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Negeri 3 Salatiga Jawa Tengah

Suryatama, Pradipta (2022) Aktivitas Fisik Peserta Didik Kelas X pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Negeri 3 Salatiga Jawa Tengah. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_pradipta suryatama_18601241077.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan pembelajaran berlangsung secara jarak jauh. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik lebih fokus dan banyak menghabiskan waktu dengan komputer atau gadget. Dengan begitu, aktivitas fisik yang dilakukan juga terbatas, padahal aktivitas fisik merupakan aspek penting bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat aktivitas fisik peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Salatiga pada masa pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Salatiga yang berjumlah 408 peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, simple random sampling adalah pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi (Slameto 2015:435). Dalam penelitian ini sampelnya adalah siswa kelas X SMA N 3 Salatiga yang berjumlah 202 orang. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan rumus dari Slovin. Instrumen untuk mengukur aktivitas fisik menggunakan Physical Activity Level (PAL). Berdasarkan analisis data menggunakan deskriptif statistik yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian aktivitas fisik peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Salatiga pada masa pembelajaran jarak jauh berada pada kategori aktivitas ringan sebesar 68,81% atau 139 peserta didik, kategori sedang ada 25,7% atau 52 peserta didik dan pada kategori berat ada 5,44% atau 11 peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Tri Ani Hastuti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, pembelajaran jarak jauh, Physical Activity Level
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:10
Last Modified: 17 Jan 2022 06:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71855

Actions (login required)

View Item View Item