Studi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Negeri Se-Pekanbaru pada Masa Pandemi Covid-19

Fizi, Resti Molina (2022) Studi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Negeri Se-Pekanbaru pada Masa Pandemi Covid-19. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_resti molina fizi_20711251029.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK SMA Negeri se-Pekanbaru pada masa pandemi Covid-19 berdasarkan Context, Input, Process, dan Product. Model evaluasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK, dan peserta didik di SMA Negeri se-Pekanbaru. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan rincian kepala sekolah 15 orang, guru PJOK 15 orang, dan peserta didik 150 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu análisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK SMA Negeri se-Pekanbaru pada masa pandemi Covid-19 sebesar 2,44 masuk kategori kurang. Berdasarkan masing-masing komponen evaluasi, diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Context evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK SMA Negeri se-Pekanbaru pada masa pandemi Covid-19, sebesar 2,54 masuk kategori baik. Indikator filsafat pembelajaran Penjas sebesar 2,55 pada kategori baik dan tujuan pembelajaran Penjas sebesar 2,53 pada kategori baik. (2) Input evaluasi program pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK SMA Negeri se-Pekanbaru pada masa pandemi Covid-19, sebesar 2,42 masuk kategori kurang. Indikator profil guru sebesar 2,31 pada kategori kurang, profil peserta didik sebesar 2,47 pada kategori kurang, dan sarana dan prasarana pembelajaran sebesar 2,49 pada kurang. Input evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK SMA Negeri se-Pekanbaru pada masa pandemi Covid-19 sebesar 2,42 pada kategori kurang. (3) Process evaluasi program pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK SMA Negeri se-Pekanbaru pada masa pandemi Covid-19, sebesar 2,32 masuk kategori kurang. Indikator RPP sebesar 2,49 pada kategori kurang dan pelaksanaan pembelajaran daring sebesar 2,41 pada kategori kurang. (4) Product evaluasi program pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK SMA Negeri se-Pekanbaru pada masa pandemi Covid-19, sebesar 2,48 masuk kategori kurang. Indikator evaluasi proses pembelajaran sebesar 2,48 pada kategori kurang dan evaluasi hasil pembelajaran sebesar 2,48 pada kategori kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran PJOK, pandemi Covid-19
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:39
Last Modified: 17 Jan 2022 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71852

Actions (login required)

View Item View Item