Pengaruh Latihan Menggunakan Bosu Ball terhadap Keseimbangan dan Akurasi Atlet Panahan di Bibis Archery Club Kabupaten Bantul

Azhar, Rico Choirul (2022) Pengaruh Latihan Menggunakan Bosu Ball terhadap Keseimbangan dan Akurasi Atlet Panahan di Bibis Archery Club Kabupaten Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rico choirul azhar_18602244011.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh latihan menggunakan bosu ball terhadap keseimbangan atlet panahan dan (2) pengaruh latihan menggunakan bosu ball terhadap akurasi atlet panahan di Bibis Archery Club Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “One Groups Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet panahan di Bibis Archery Club Kabupaten Bantul yang berjumlah adalah 22 atlet. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, dengan kriteria (1) masih aktif mengikuti latihan di Bibis Archery Club Kabupaten Bantul, (2) berusia 14-17 tahun, dan (3) bersedia menjadi sampel dan mematuhi protokol kesehatan. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 12 atlet. Instrumen yang digunakan yaitu tes keseimbangan menggunakan Stork Stand Test dan tes akurasi memnanah dengan menembakan anak panah sebanyak 6 kali, selama 6 seri/rambahan dan dengan jumlah total 36 anak panah. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara latihan menggunakan bosu ball terhadap keseimbangan atlet panahan di Bibis Archery Club Kabupaten Bantul, dengan t hitung 7,894 > t tabel 2,201, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Persentase peningkatan keseimbangan atlet panahan di Bibis Archery Club Kabupaten Bantul setelah diberikan latihan bosu ball sebesar 16,59%. (2) ada pengaruh yang signifikan antara latihan menggunakan bosu ball terhadap akurasi atlet panahan di Bibis Archery Club Kabupaten Bantul, dengan t hitung 20,349 > t tabel 2,201, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Persentase peningkatan akurasi memanah atlet panahan di Bibis Archery Club Kabupaten Bantul setelah diberikan latihan bosu ball sebesar 30,64%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. AIFO.
Uncontrolled Keywords: bosu ball, akurasi, keseimbangan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:09
Last Modified: 17 Jan 2022 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71849

Actions (login required)

View Item View Item