PENINGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VA SD NEGERI CANDISARI PURWOREJO

Purwaningsih, Arifah Yuli (2022) PENINGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VA SD NEGERI CANDISARI PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Arifah Yuli Purwaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan karakter tanggung jawab menggunakan model project based learning pada peserta didik kelas VA SD Negeri Candisari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas VA SD Negeri Candisari berjumlah 19 peserta. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dan observasi. Sementara teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan karakter tanggung jawab peserta didik kelas VA SD Negeri Candisari. Tanggung jawab peserta didik dapat meningkat melalui pembelajaran model project based learning dengan sintaks: guru menyampaikan pertanyaan mendasar, guru bersama peserta didik membuat desain perencanaan proyek, guru bersama peserta didik menyusun jadwal, guru memantau aktivitas peserta didik, guru menguji hasil, peserta didik bersama guru mengevaluasi pengalaman proyek. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase tanggung jawab dengan kategori tinggi dari sebelum tindakan sebesar 42,10% menjadi 63,20% pada siklus I. Setelah dilaksanakan perbaikan berupa meningkatkan perhatian peserta didik terhadap instruksi pembelajaran, memantau pembagian tugas setiap anggota kelompok, memberikan reward, membimbing kelompok melaksanakan setiap tahapan tugas proyek, dapat meningkatkan tanggung jawab peserta didik sebesar 15,7% dari siklus I sebesar 63,20% menjadi 78,90% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik kelas VA SD Negeri Candisari. Kata kunci: karakter tanggung jawab, model project based learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:55
Last Modified: 13 Jan 2022 04:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71832

Actions (login required)

View Item View Item