IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA dalam PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SDN PERCOBAAN 4 WATES

Rofidah, Rofidah (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA dalam PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SDN PERCOBAAN 4 WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rofidah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter tanggung jawab siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring di kelas IV SDN percobaan 4 Wates Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan karakter tanggung jawab diterapkan ke dalam kurikulum melalui program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah. (2) Pelaksanaan Implementasi karakter tanggung jawab siswa dilakukan melalui program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah meliputi kegiatan literasi siswa, berpartisipasi aktif dalam pembelajaran daring baik kegiatan berdiskusi maupun kegiatan sekolah, mengumpulkan tugas dengan tuntas dan maksimal, serta mematuhi kebijakan dan peraturan (tata tertib) yang dibuat pihak sekolah dengan memasukkan nilai-nilai karakter terutama karakter tanggung jawab. (3) Evaluasi dilaksanakan melalui penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor serta musyawarah evaluasi pembelajaran daring. (4) Kendala yang dihadapi berasal dari guru dan siswa yaitu karakter anak yang berbeda beda, tidak terjadinya tatap muka sehingga siswa tidak dapat melakukan tanya jawab dan berdiskusi secara maksimal dengan guru, penyampaian materi pembelajaran menjadi terhambat, dan kendala sinyal yang tidak stabil. (5) Solusi dilakukan pendekatan kepada anak untuk menumbuhkan pendidikan karakter, siswa harus melatih diri untuk mandiri dalam belajar, mengupayakan untuk mencari sinyal yang stabil serta selalu berkomunikasi dengan orang tua siswa. Kata kunci: Karakter tanggung jawab, siswa kelas IV, pembelajaran daring

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:21
Last Modified: 12 Jan 2022 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71813

Actions (login required)

View Item View Item