PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA MATERI KEBERAGAMAN DI INDONESIA

Wijayati, Arum Nur Trisni Kurnia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA MATERI KEBERAGAMAN DI INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Arum Nur Trisni Kurnia Wijayati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran PowerPoint interaktif Bhinneka yang layak digunakan pada materi keberagaman di Indonesia untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Borg & Gall dengan tujuh langkah, yaitu penelitian dan pengembangan informasi awal, perencanaan pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi uji coba awal, uji coba lapangan utama, revisi uji coba lapangan utama. Subjek uji coba lapangan awal adalah 3 siswa dan subjek uji coba lapangan utama adalah 12 siswa kelas V SD Negeri Jejeran. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, penilaian media bagi ahli bahasa, materi dan media, angket respon guru, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan PowerPoint interaktif layak dan mempunyai kualitas tinggi, sehingga dapat digunakan di sekolah dasar. Hasil validasi materi memperoleh skor rata- rata 4,62 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil validitas dari segi bahasa memperoleh skor rata-rata 4,70 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil validitas dari segi media memperoleh skor rata-rata 4,40 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan awal pada guru memperoleh skor rata-rata 4,53 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”, sedangkan pada siswa memperoleh skor rata-rata 3,53 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan utama pada guru memperoleh skor rata-rata 4,80 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”, sedangkan pada siswa memperoleh skor rata-rata 3,75 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Jadi, PowerPoint interaktif layak digunakan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Kata kunci: PowerPoint interaktif, meningkatkan pemahaman, keberagaman di Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:10
Last Modified: 12 Jan 2022 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71812

Actions (login required)

View Item View Item