PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS SUROTO KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG

Laila, Shinta Dewi Nur (2022) PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS SUROTO KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Shinta Dewi Nur Laila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Disiplin belajar sangat penting dimiliki oleh siswa karena siswa yang memiliki disiplin belajar akan belajar dengan baik dan teratur, sehingga menghasilkan prestasi yang baik. Sikap disiplin seseorang dipengaruhi salah satunya adalah kontrol diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap disiplin belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se-Gugus Suroto Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar se-Gugus Suroto Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang yang terdiri dari 6 Sekolah Dasar dengan jumlah siswa sebanyak 160 siswa. Teknik sampling menggunakan rumus Slovin signifikansi 5% didapatkan sampel berjumlah 115 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol diri berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se-Gugus Suroto Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 17,674 dan p. 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa jika kontrol diri semakin tinggi, maka disiplin belajar siswa juga akan semakin tinggi. Kata kunci: kontrol diri, disiplin belajar, siswa SD kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:54
Last Modified: 12 Jan 2022 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71810

Actions (login required)

View Item View Item