ANALISIS KUALITAS TES PILIHAN GANDA PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD/MI DI KAPANEWON DEPOK KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Damarsari, Fitri (2022) ANALISIS KUALITAS TES PILIHAN GANDA PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD/MI DI KAPANEWON DEPOK KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fitri Damarsari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tes pilihan ganda pada Penilaian Akhir Semester (PAS) mata pelajaran matematika kelas V SD/MI di Kapanewon Depok Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2020/2021, dilihat dari aspek tingkat kesukaran butir soal, daya beda butir soal, efektivitas pengecoh, validitas tes, dan reliabilitas tes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD/MI di Kapanewon Depok Kabupaten Sleman yang berjumlah 2.216 siswa. Sampel penelitian sebanyak 399 siswa ditentukan berdasarkan rumus Slovin dengan metode pengambilan sampel secara acak. Data penelitian diperoleh dari hasil dokumentasi lembar kerja Penilaian Akhir Semester (PAS). Jawaban peserta didik beserta kunci jawaban kemudian dianalisis menggunakan bantuan program komputer ITEMAN 3.0, Lisrel, dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) tingkat kesukaran butir soal terdiri dari 66,7% dengan kategori mudah dan 33,3% dengan kategori sangat mudah, (2) daya beda butir soal terdiri dari 10% dengan kategori cukup dan 90% dengan kategori baik, (3) efektivitas pengecoh sebesar 79,1% telah berfungsi dengan baik, (4) validitas konvergen tes belum terpenuhi, (5) validitas diskriminan tes sudah terpenuhi sebesar 83,33%, (6) reliabilitas konstruk tes terdiri dari 50% dengan kategori baik dan 50% dengan kategori kurang baik, dan (7) reliabilitas komposit yang ditunjukkan oleh koefisien omega sebesar 0,93621 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Kata Kunci: analisis kualitas tes, tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh, validitas, reliabilitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:50
Last Modified: 12 Jan 2022 02:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71809

Actions (login required)

View Item View Item