IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI GEGULU

Dinanta, Salsabila Ahnaf Vi (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI GEGULU. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Salsabila Ahnaf Vi Dinanta.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran IPS berbasis daring di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas VI di SD Negeri Geulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI, guru kelas VI, dan kepala sekolah SD Negeri Gegulu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles and Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran IPS berbasis daring di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas VI di SD Negeri Gegulu, adalah: (1) Perencanaan dilakukan dengan membuat RPP, namun tidak setiap saat guru membuat RPP sehingga perencanaan yang dilakukan sebatas menyiapkan materi dan media; (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan aplikasi penunjang pembelajaran daring yaitu, google classroom, whatsapp, google meet, zoom, quizizz dengan aplikasi yang paling sering digunakan adalah google classroom dan whatsapp. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan pembuka, inti, dan penutup; (3) Guru melakukan penilaian kognitif, afektif, dan psikomotrik dalam pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis daring; (4) Hambatan yang ditemui adalah sinyal buruk, siswa kurang paham dengan materi, siswa kurang aktif, siswa belum memiliki HP, dan sulitnya melakukan penilaian afektif dan psikomotorik; (5) Solusi dari hambatan yang ditemui yaitu, guru memberikan alternatif lain, memberikan materi tambahan, menegur siswa, memberikan kelonggaran waktu pengumpulan tugas, mengamati siswa pada saat pembelajaran daring, dan memberikan tugas yang menghasilkan karya. Kata kunci: Pembelajaran IPS, pembelajaran daring, pandemi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:31
Last Modified: 12 Jan 2022 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71807

Actions (login required)

View Item View Item