KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SD NEGERI TEMON, KULON PROGO

Mulyati, Peni (2022) KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SD NEGERI TEMON, KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Peni Mulyati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemandirian belajar siswa kelas V selama pembelajaran jarak jauh di SD Negeri Temon, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Objek penelitian yaitu kemandirian belajar siswa kelas V selama pembelajaran jarak jauh di SD Negeri Temon. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman dengan langkah–langkah pengumpulan data, kondensasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa kelas V dapat dilihat melalui sikap siswa menurut lima indikator kemandirian belajar. Sikap ketidaktergantungan terhadap orang lain siswa ditunjukkan dengan mampu menyelesaikan tugas PJJ secara mandiri dan mengonstruk pemahamannya sendiri. Memiliki kepercayaan diri ditunjukkan dengan aktif berinteraksi selama PJJ. Berperilaku disiplin ditunjukkan dengan melakukan presensi kehadiran dan mengumpulkan tugas secara tepat waktu. Memiliki rasa tanggung jawab ditunjukkan dengan menyelesaikan tugas PJJ dengan sungguh-sungguh dan mampu berkonsentrasi saat belajar. Berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri ditunjukkan dengan meminta bantuan sesuai dengan kebutuhan, menyadari belajar adalah kebutuhannya sendiri dan mampu mencari sumber/referensi lain. Kata kunci: Pendidikan karakter, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:27
Last Modified: 12 Jan 2022 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71805

Actions (login required)

View Item View Item