PEMBELAJARAN PEMBAGIAN MENGGUNAKAN PERAGA MANIPULATIF DENGAN PENDEKATAN ALGORITMA TUNGGAL

Qodri Ali, Hasan (2011) PEMBELAJARAN PEMBAGIAN MENGGUNAKAN PERAGA MANIPULATIF DENGAN PENDEKATAN ALGORITMA TUNGGAL. Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa. ISSN 978-979-99314-5-0

[img]
Preview
Text
PM-14 - Qodri Ali Hasan.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menyusun kegiatan pembelajaran pembagian yang pengajarannya dengan kasus konkret dan alat peraga untuk membantu siswa memahami prinsip-prinsip pembagian, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah 11 siswa sekolah dasar di Kelurahan Panarung Kotamadya Palangkaraya yang tidak mampu melakukan operasi pembagian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajarannya dapat dilakukan sebagai berikut : (a) tahap awal yaitu (i) mengingatkan kepada siswa akan materi prasyarat yang diperlukan, (ii) memperkenalkan konsep-konsep yang ada dalam algoritma pembagian melalui contoh- conto relevan (kasus nyata/konkret) yang sering dijumpai siswa; (b) tahap inti yaitu (i) menunjukkan contoh-contoh konsep yang relevan, (ii) dengan benda konkret melakukan manipulasi pembagian, (iii) dengan gambar mental konsep tersebut disajikan dalam bentuk semi konkret, (iv) dengan menggunakan tabel, konsep pembagian disajikan dalam bentuk simbol; (c) tahap akhir yaitu (i) sebagai pemantapan materi siswa diminta mengerjakan LKS dengan melakukan manipulasi sendiri, (ii) membahas hasil kerja siswa secara bersama-sama, (iii) menegaskan kembali konsep yang benar. Kata kunci: Pembelajaran, Algoritma pembagian, Kasus konkret, Alat peraga

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Algoritma pembagian, Kasus konkret, Alat peraga
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 05 Nov 2012 00:26
Last Modified: 05 Nov 2012 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7179

Actions (login required)

View Item View Item