PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI PUCANGAN 02 KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO

Hanifah, Arum Yanur (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI PUCANGAN 02 KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ARUM YANUR HANIFAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk multimedia interaktif berbasis Android yang layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu four-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek pada penelitian ini adalah 16 siswa kelas IV SD Negeri Pucangan 02. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknis analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran berbentuk multimedia interaktif berbasis Android dengan materi keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia yang layak digunakan untuk siswa kelas IV SD. Produk penelitian ini telah melalui tahap define, design, dan develop. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4 dengan kriteria”baik”. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan kriteria “baik”. Hasil penilaian guru memperoleh skor rata-rata 4,53 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba terbatas memperoleh skor rata-rata 4,22 dengan kriteria “sangat baik” dan hasil uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 4,26 dengan kriteria “sangat baik”. Nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan media pembelajaran yaitu 55,31, nilai rata-rata post-test setelah menggunakan bahan ajar yaitu 91,87 dan efektivitas yang diukur dengan N-Gain skor sebesar 0,89 dengan kategori “tinggi” yang menunjukkan siswa mengalami peningkatan pemahaman materi keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbentuk Android dengan materi keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia dinyatakan layak sebagai media pembelajaran untuk kelas IV SD. Kata kunci: multimedia interaktif, pembelajaran tematik, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:48
Last Modified: 11 Jan 2022 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71785

Actions (login required)

View Item View Item