MODEL ASSESMEN PEMBELAJARAN BERDASARKAN HASIL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL MATEMATIKA SD

Sumardi, Sumardi (2011) MODEL ASSESMEN PEMBELAJARAN BERDASARKAN HASIL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL MATEMATIKA SD. Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa. ISSN 978-979-99314-5-0

[img]
Preview
Text
PM-12 - Sumardi.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya mutu pedidikan dasar di Indonsia dengan melihat hasil TIMSS versi Indonesia tahun 2006 ( Puspendik, 2007 ) menunjukkan prestasi bidang matematika dan bahasa, dengan standar pencapaian 65% soal dapat dijawab benar, hanya akan ada kurang dari 10% siswa sampel uji yang mampu mencapainya ; (1) Mendeskripsikan kelemahan pembelajaran matematika yang terdapat di Sekolah Dasar berdasarkan informasi UASBN; (2) Mendeskripsikan peta kelemahan kognitif siswa Sekolah Dasar;(3) Menentukan model pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar melalui AFL untuk memperbaiki pembelajaran matematika berdasarkan kelemahan yang dihadapi oleh guru dan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reseach & Pengembangan. Produk yang dikembangkan adalah perangkat penilaian untuk pembelajaran. Penelitian awal dilakukan di sekolah dasar se kabupaten Sukoharjo-Jawa Tengah.Data diperoleh dengan dokumentasi,diperoleh hasil UASBN, melalui program ITEMAN peneliti memperoleh informasi tentang karakteristik soal dan peta kesulitan yang dihadapi siswa pada materi kelompok aritmatika, geometri dan pengolahan data. Pada tahap pengembangan ,berdasarkan hasil tersebut peneliti membuat Instrumen pembelajaran dengan bantuan program fox pro sebagai umpan balik dalam model pembelajaran AfL.Setelah melauli 3 uji coba di 6 sekolah dasar dengan jumlah siswa 157 di kabupaten Sukoharjo Dapat dihasilkan profil kelas dan profil diri dari seluruh anak sehingga dapat dipakai dasar untuk perbaikan program pembalajaran selanjutnya. Kata kunci: model assesmen,UASBN, profil kelas dan profil diri

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model assesmen,UASBN, profil kelas dan profil diri
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 05 Nov 2012 00:26
Last Modified: 05 Nov 2012 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7177

Actions (login required)

View Item View Item