IMPLEMENTASI KEGIATAN HIZBUL WATHAN KIDS PADA ANAK USIA DINI DI TK ‘AISYIYAH INSAN RABBANI MUNTILAN

Hasna Fathin, Mufida (2021) IMPLEMENTASI KEGIATAN HIZBUL WATHAN KIDS PADA ANAK USIA DINI DI TK ‘AISYIYAH INSAN RABBANI MUNTILAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Hasna Fathin Mufida_17111244021-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan Hizbul Wathan Kids pada anak usia dini di TK ‘Aisyiyah Insan Rabbani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskripstif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina Hizbul Wathan Kids, dan guru kelas B. Objek penelitian ini adalah implementasi kegiatan Hizbul Wathan Kids. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian implementasi Hizbul Wathan Kids dilakukan dengan: 1)Tahap perencanaan meliputi penyusunan Program Tahunan, Rencana Kerja Tahunan, dan jadwal pelaksanaan; 2)Pelaksanaan meliputi pembukaan, kegiatan inti, dan penutup; 3)Evaluasi dilakukan setelah kegiatan berlangsung, evaluasi bulanan dan semesteran. Materi meliputi pengenalan Hizbul Wathan; kegiatan kelompok; dan kegiatan keagamaan. Faktor pendukung yaitu; tersedianya sarana dan prasarana; inovasi guru; adanya dukungan guru, orangtua, dan masyarakat. Faktor penghambat yaitu belum berkompetennya guru terkait materi Hizbul Wathan Kids. Perkembangan yang distimulasi dalam kegiatan Hizbul Wathan Kids yaitu kemandirian, kerjasama, kedisiplinan, dan tanggungjawab. Kata Kunci: Hizbul Wathan Kids, Anak Usia Dini, TK ‘Aisyiyah Insan Rabbani

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 04:17
Last Modified: 07 Jan 2022 04:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71762

Actions (login required)

View Item View Item