PENERAPAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI KELOMPOK B 2 TK NDASARI BUDI KRAPYAK

Yeny, Varitasari (2021) PENERAPAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI KELOMPOK B 2 TK NDASARI BUDI KRAPYAK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tugas Akhir Skripsi Yeny Varitasari_13111241057Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan budi pekerti di kelompok B 2 TK Ndasari Budi Krapyak. Aspek yang diamati dalam penerapan pendidikan budi pekerti ini adalah perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, penilaian pembelajaran, peran orangtua, faktor pendukung, dan faktor penghambat penanaman dalam penanaman nilai budi pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan anak-anak kelompok B 2 TK Ndasari Budi Krapyak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan: 1) nilai-nilai yang ditanamkan pada anak meliputi; (a) religiusitas, (b) sosialitas, (c) keadilan, (d) demokrasi, (e) kejujuran, (f) kemandirian, (g) daya juang, (h) tanggungjawab, dan (i) penghargaan terhadap lingkungan. 2) Perencanaan dilakukan dengan menyusun RPPM berdasarkan Prosem yang disusun oleh IGTK. 3) Strategi yang digunakan berupa pembelajaran langsung melalui RPPM yang telah disusun dan tidak langsung melalui kegiatan sehari-hari berupa pembiasaan dirumah, 4) Metode pembelajaran yang digunakan berupa, (a) pengkondisian lingkungan, (b) metode bernyanyi, (c) metode bercakap-cakap, (d) metode bercerita/main peran (pentas seni), (e) pemberian contoh, (f) perintah/teguran, (g) praktek langsung, (h) pembiasaan dan (i) metode pemberian tugas. 5) Penilaian dilakukan dengan dokumentasi kegiatan yang dilaksanakan dirumah. 6) Orangtua mempunyai peran yang sangat penting dalam proses penanaman nilai budi pekerti. Kata kunci: Pendidikan budi pekerti, TK Ndasari Budi Krapyak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 04:13
Last Modified: 07 Jan 2022 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71761

Actions (login required)

View Item View Item