PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI KELOMPOK B1 TK NEGERI PANGGANG

Riana, Rahmaniya (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI KELOMPOK B1 TK NEGERI PANGGANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tugas Akhir Skripsi_Riana Rahmaniya_17111241041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis alam di kelompok B1 TK Negeri Panggang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua siswa didukung dengan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles & Huberman. Data hasil penelitian diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjuukan: (1) perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan kurikulum, program tahunan, program semester, perencanaan pembelajaran mingguan, perencanaan pembelajaran harian, dan rencana penilaian, (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis alam di masa pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan sistem Belajar dari Rumah, guru menyampaikan daftar kegiatan anak kepada orang tua melalui grup whatsapp, guru melakukan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dengan melibatkan orang tua. Namun, tahapan pelaksanaan masih dilaksanakan secara sederhana dan belum maksimal sesuai komponen sintak pembelajaran berbasis alam, (3) penilaian dilakukan dengan hasil karya anak sesuai laporan orang tua, evaluasi dilakukan oleh guru terhadap hasil karya anak, guru terhadap pelaksanaan pembelajaran, dan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (4) faktor pendukung pembelajaran berbasis alam berupa letak sekolah, fasilitas sekolah, dan kerjasama sekolah sebagai dukungan lingkungan sosial, (5) kelebihannya yaitu memberikan kesempatan anak mengenal langsung yang dipelajari, meningkatkan pemahaman, meningkatkan memori, anak antusias, anak dapat menceritakan sesuai pengalaman, meningkatkan rasa ingin tahu. Sedangkan kekurangannya, menyebabkan banyak sampah organik, perbedaan ketertarikan anak, dan pembelajan belajar dari rumah menyebabkan pelaksanaan kurang maksimal. Pembelajaran berbasis alam memberikan pengaruh positif pada perkembangan anak. Kata kunci: pembelajaran berbasis alam, pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 04:10
Last Modified: 07 Jan 2022 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71759

Actions (login required)

View Item View Item