PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN LITERASI DINI ANAK KELOMPOK B DI TK SE-KECAMATAN DANUREJAN KOTA YOGYAKARTA

Reisya, Yuniantari (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN LITERASI DINI ANAK KELOMPOK B DI TK SE-KECAMATAN DANUREJAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI_REISYA YUNIANTARI_17111244001_PAUD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar peran orang tua dalam pengembangan literasi dini anak kelompok B di TK se-Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta. Penelitian dilatarbelakangi karena salah satu faktor kemampuan berbahasa anak adalah pengaruh atau pembentukan lingkungan, yaitu orang tua serta, semakin banyak orang tua memberikan stimulus berbahasa maka semakin baik pula perkembangan berbahasa anak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua dari anak kelompok B di TK se-Kecamatan Danurejan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 85 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data mengguanakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam pengembangan literasi dini anak kelompok B di TK se-Kecamatan Danurejan dikategorikan cukup terlibat. Hal ini dibuktikan dengan persentase peran 76,55% pada vocabulary skill, 63,42% pada print motivation skill, 74,95% pada print awareness skill, 74,78% pada narrative skill, 69,78% pada letter knowledge skill, dan 76,03% pada phonological awareness skill. Dengan demikian rata-rata peran orang tua dalam pengembangan literasi dini anak kelompok B di TK se-Kecamatan Danurejan adalah 72,59% dan dikategorikan cukup terlibat. Hasil bermakna bahwa orang tua anak kelompok B di TK se-Kecamatan Danurejan telah melaksanakan peran sebagai stakeholder yang berperan dalam pengembangan literasi dini anak dan kelak anak kelompok B di TK se-Kecamatan Danurejan akan lebih mudah belajar di tingkat selanjutnya tetapi ada kelemahan pada identifikasi huruf dan ketertarikan terhadap benda cetak. Kata kunci : peran, orang tua, literasi, dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 04:04
Last Modified: 07 Jan 2022 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71756

Actions (login required)

View Item View Item