IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGENAL SERIASI UKURAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SIDOMULYO I SELAMA BELAJAR DI RUMAH

Dian, Sofiafifa (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGENAL SERIASI UKURAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SIDOMULYO I SELAMA BELAJAR DI RUMAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tugas Akhir Skripsi_Dian Sofiafifa_PG PAUD_2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran mengenal seriasi ukuran pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Sidomulyo I selama belajar di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas B, dan orang tua siswa kelas B. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran untuk pengembangan kemampuan mengenal seriasi ukuran pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Sidomulyo I selama belajar di rumah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan dimulai dengan membuat perencanaan pembelajaran harian, kemudian guru memberikan tugas anak selama satu minggu kepada orangtua langsung ketika datang ke sekolah setiap hari Sabtu atau dikirimkan kepada orangtua melalui whatsapp group. 2) Pelaksanaan pembelajaran untuk pengembangan kemampuan mengenal seriasi ukuran diperankan oleh orangtua dengan cara mendampingi dan mendokumentasikan proses kegiatan pembelajaran. 3) Evaluasi dilaksanakan melalui dokumentasi yang dilaporkan oleh orangtua di whatsapp group. 4) Faktor pendukung meliputi adanya a) anak akan lebih banyak belajar seriasi ukuran tanpa batasan waktu, b) semua anggota keluarga, khususnya orangtua dapat ikut mengembangkan kemampuan seriasi ukuran pada anak, c) kegiatan pembelajaran seriasi ukuran dirumah maka akan menumbuhkan kesadaran dari orangtua akan pentingnya kemampuan seriasi ukuran pada anak, d) sarana pembelajaran seriasi ukuran pada anak tidak terbatas. Sementara faktor penghambat meliputi: a) Guru dan murid tidak dapat bertatap muka secara langsung, b) Tidak semua orangtua paham penjelasan yang disampaikan guru, c) kesibukan orangtua, d) koneksi internet untuk mengakses aplikasi whatsapp tidak stabil. Kata kunci: Pembelajaran Seriasi Ukuran, Belajar di Rumah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 04:03
Last Modified: 07 Jan 2022 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71755

Actions (login required)

View Item View Item