STUDI KASUS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM NITIPRAYAN

Desi Nur, Sholehatun (2021) STUDI KASUS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM NITIPRAYAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi Fulltext_Desi Nur Sholehatun_17111241029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik terhadap pembelajaran problem solving pada masa pandemi Covid-19 di TA SALAM Nitiprayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data penelitian ini yaitu fasilitator TA SALAM, kepala TA SALAM, pendiri SALAM, dokumen kurikulum SALAM, RPP, penilaian anak, dan dokumentasi anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif menggunakan model analisis interaktif Miles & Huberman. Data hasil penelitian diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran meliputi pembuatan kurikulum, penetapan tema, perencanaan pembelajaran mingguan, dan pembuatan video pembelajaran; (2) Pelaksanaan pembelajaran yaitu pembelajaran dibuka dengan menyapa dan berdoa melalui voice note, mengirimkan video pembelajaran yang memuat pendekatan saintifik, penggunaan problem solving dalam kegiatan sehari-hari, pembelajaran ditutup dengan ucapan terimakasih, berdoa, motivasi, dan tepuk anak hebat; (3) Penilaian pembelajaran dilaksanakan setiap hari melalui pengamatan orangtua, video atau foto kegiatan anak, narasi orangtua, homevisit; (4) Media pembelajaran yang digunakan adalah media yang dilingkungan sekitar, mudah dicari, non-plastik. Pembelajaran menggunakan whatsapp, videocall, zoom, dan video. (5) Langkah fasilitator untuk implementasi pembelajaran meliputi berdiskusi, mendampingi anak, merespon aktivitas anak, melakukan videocall, memfasilitasi minat anak, memberikan apresiasi, mendengarkan anak, serta memberikan contoh yang baik; (6) Hasil problem solving meliputi penyelesaian masalah konflik dengan teman, eksplorasi situasi, life skills (misalnya mencuci piring, menyapu lantai, merapikan pakaian), dan kesepakatan bersama. Kata kunci: pembelajaran saintifik, problem solving, pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:57
Last Modified: 07 Jan 2022 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71752

Actions (login required)

View Item View Item