PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN (JUZ ‘AMMA) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SE-KECAMATAN JETIS BANTUL YOGYAKARTA

Dian Fadkhuli, Jannah (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN (JUZ ‘AMMA) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SE-KECAMATAN JETIS BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS_Dian Fadkhuli Jannah_17111241033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran menghafal merupakan aspek dari nilai agama dan moral yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini. Pembelajaran menghafal juga mengajarkan anak untuk mengenal kitab suci agama islam sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi, faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran menghafal Al-Qur’an (juz ‘amma) pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA se-Kecamatan Jetis Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan cara wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan data yang telah diperoleh, peneliti menganalisis data tersebut dengan menggunakan analisis deskriptif yang mendeskripsikan temuan di lapangan terkait aspek perencanaan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an (Juz ‘Amma) pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA se-Kecamatan Jetis Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan; (1) perencanaan pembelajaran menghafal Al-Qur’an di TK ABA se-Kecamatan Jetis Bantul Yogyakarta meliputi pemilihan materi dalam kurikulum, tujuan pembelajaran, pemilihan metode, media, dan waktu pembelajaran serta rencana penilaian hasil belajar anak. TK ABA se-Kecamatan Jetis Bantul Yogyakarta kurikulum khusus pendidikan al islam, kemuhammadiyahan dan keaisyiyahan dari pimpinan majelis pendidikan dasar dan menengah Igaba DIY, (2) pelaksanaan pembelajaran mengafal juz ‘amma di TK ABA se-Kecamatan Jetis Bantul Yogyakarta yaitu anak memasuki ruangan kelas kemudian duduk melingkar. Anak bersama-sama membaca surat al-fatihah, kalimat thoyibah beserta artinya, dan berdoa sebelum belajar. Dilanjutkan dengan pembiasaan setiap hari yaitu hafalan surat-surat pendek dengan metode jama’, metode talaqqi, dan metode takrir dengan waktu sekitar 30-60 menit. (3) penilaian dilaksanakan dengan cara mengamati anak secara individual dengan menggunakan alat penilaian ceklist dan dicantumkan dalam raport. Kata kunci: pembelajaran, menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:53
Last Modified: 07 Jan 2022 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71750

Actions (login required)

View Item View Item