KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SE-KECAMATAN JETIS

Dian, Utami (2021) KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SE-KECAMATAN JETIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS_Dian Utami_17111241027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA se-Kecamatan Jetis. Latar belakang pengambilan penelitian ini karena setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda dalam membaca huruf hijaiyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 106 subjek anak usia 5-6 tahun di TK ABA se-Kecamatan Jetis. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan membaca huruf hijaiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyah berada pada kriteria cukup, sehingga anak dengan kriteria cukup berarti anak mampu membaca huruf hijaiyah yang meliputi membaca huruf hijaiyah tanpa harakat dan melafalkan huruf hijaiyah dengan bantuan. Kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah dipengaruhi oleh metode yang digunakan. Metode yang digunakan oleh guru untuk mengenalkan huruf hijaiyah di TK ABA se-Kecamatan Jetis terdiri dari (1) metode musyafahah atau adu lidah dan (2) ‘ardhul qira’ah atau setoran bacaan, dan (3) metode pengulangan. Kata kunci: kemampuan, membaca huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:52
Last Modified: 07 Jan 2022 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71749

Actions (login required)

View Item View Item