IMPLEMENTASI KETERAMPILAN MOTORIK HALUS DALAM KEGIATAN MELIPAT PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA TOBAYAN MINGGIR SLEMAN

Yuni, Ekawati (2021) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN MOTORIK HALUS DALAM KEGIATAN MELIPAT PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA TOBAYAN MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI-YUNI EKAWATI-16111241025-PGPAUD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi keterampilan motorik halus dalam kegiatan melipat pada anak Kelompok A TK ABA Tobayan Minggir Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di TK ABA Tobayan dengan subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan 15 anak kelompok A. Objek penelitian ini adalah keterampilan motorik halus kegiatan melipat. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat pada anak kelompok A TK ABA Tobayan dilakukan di rumah yaitu: (1) Perencanaan kegiatan melipat meliputi penyusunan program semester (Prosem) dan rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM). Perencanaan guru membuat video materi kegiatan melipat, video materi kegiatan dikirim kepada anak, (2) Pelaksanaan kegiatan melipat sepenuhnya orangtua atau wali murid yang mendampingi anak saat mengerjakan kegiatan. Dimulai dari anak melihat video guru pada kegiatan melipat, selanjutnya anak dibantu orangtua dalam mengerjakan kegiatan melipat. Kegiatan anak saat melipat direkam melelui video, kemudian rekaman video dikirim kepada guru, (3) Evaluasi kegiatan melipat yaitu guru mengamati dan menilai hasil video anak dalam proses kegiatan melipat. (4) Faktor pendukung pelaksanaan dalam kegiatan melipat antara lain stimulasi dari lingkungan keluarga yang tepat berupa dukungan, pujian, motivasi, dan metode pelatihan pada anak. Faktor penghambat diantaranya kurangnya komunikasi antara guru dan orangtua, anak tidak mau mengerjakan kegiatan, orangtua sibuk bekerja, dan kurangnya motivasi dari orangtua dalam mendampingi anak saat mengerjakan kegiatan. Kata kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan melipat, kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:50
Last Modified: 07 Jan 2022 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71748

Actions (login required)

View Item View Item