PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN KELOMPOK A TK ABA GONDANG

Sanitasari, Sanitasari (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN KELOMPOK A TK ABA GONDANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi fulltext_Sanitasari_14111241014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK ABA Gondang melalui kegitan bercerita dengan media boneka tangan. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam pengembangan keterampilan berbicara anak kelompok A. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek yang di teliti adalah 12 anak TK ABA Gondang kelompok A yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita disertai media boneka tangan telah mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara pada anak-anak di kelompok A TK ABA Gondang. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil observasi kemampuan berbicara anak pada Pratindakan yaitu 25%, kemudian meningkat menjadi 50% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 83,3%. Peningkatan itu terjadi karena metode bercerita disertai media boneka tangan lebih menarik dan membuat anak berperan aktif dalam pembelajaran sehingga kemampuan berbicara anak dapat meningkat. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui media boneka tangan yaitu sebagai berikut: 1) Guru bercerita mengunakan boneka tangan; 2) Guru mengelompokkan anak; 3) Anak-anak mengulang kembali cerita yang telah disampaikan oleh guru; 4) Guru memberikan motivasi dan reward kepada anak. Kata Kunci : kemampuan berbicara, bercerita, boneka tangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:41
Last Modified: 07 Jan 2022 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71743

Actions (login required)

View Item View Item